BAHAYA RADIKAL BEBAS DAN PENCEGAHANNYA



Radikal bebas merupakan sesuatu yang tidak asing didengar oleh manusia, namun sering kali radikal bebas masih disepelekan oleh sebagian orang yang tanpa kita sadari dampaknya dapat memicu berbagai macam penyakit yang ada didalam tubuh.

Seperti kita tahu bahwa radikal bebas terdapat dimana saja, bahkan tubuh Anda sebenarnya menghasilkan radikal bebas. Zat ini berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan lain sebagainya.

Apakah Radikal bebas itu ? Radikal bebas adalah molekul yang mengandung elektron yang tidak berpasangan. Sehingga, molekul ini dapat menyumbang atau menerima elektron dari molekul lain. Hal ini membuat radikal bebas bersifat tidak stabil dan sangat reaktif. Radikal bebas mampu menyerang berbagai molekul dalam tubuh, seperti lipid, asam nukleat, dan protein sebagai target utama. Sehingga, dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, dan DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh.

Radikal bebas dapat diperoleh dari berbagai macam hal yang ada di sekitar kita seperti : asap rokok, terpapar sinar matahari, asap kendaraan bermotor, radiasi, polusi udara, bahan kimia industri, bahkan dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan yang kita makan, seperti halnya makanan gorengan, atau bahan kimia makanan yang biasa terdapat pada makanan instant.

Dampak radikal bebas yang sering kali kita lihat adalah terjadinya kerusakan pada Kulit, radikal bebas berdampak terjadinya penuaan dini, mengapa paparan radikal bebas dari sinar matahari dan lain sebagainya, dapat  mudah merusak struktur jaringan kulit sehingga kulit akan lebih cepat keriput, selain itu dampak radikal bebas dapat memicu terproduksinya melanin dalam jumlah yang berlebih sehingga dapat memicu terjadinya flek-flek pada kulit.

Radikal bebas pun dapat dicegah dengan menggunakan antioksidan, molekul antioksidan menambal molekul radikal yang kehilangan elektronya sehingga molekul menjadi stabil.

Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai macam sumber makanan seperti halnya Sayuran maupun buah-buahan, salah satu antioksidan yang memiliki aktivitas yang sangat kuat dalam menghambat radikal bebas adalah Astaxanthin, Astaxanthin dijuluki sebagai king of carotenoid, karena aktivitasnya yang sangat kuat dalam menangkal radikal bebas.

Aktivitas Antioksidan dari Astaxanthin :

  • 14 kali lebih kuat dibanding Vitamin E
  • 18 kali lebih kuat dibanding Pycnogenol®
  • 21 kali lebih kuat dari Astaxanthin sintetis.
  • 54 kali lebih kuat dibanding Beta-karoten.
  • 65 kali lebih kuat dibanding Vitamin C.

 

Selain aktivitasnya yang sangat kuat ternyata astaxanthin sendiri memiliki efek yang sangat baik dalam memperbaiki struktur jaringan kulit, hal ini dibuktikan dalam studi yang telah dilakukan oleh Yamashita E (2006), dimana Astaxanthin bermanfaat dalam memperbaiki kerutan pada subjek, serta dapat meingkatkan elastisitas kulit.

Tentunya setiap orang ingin sekali terhindar dari terjadinya penuaan dini selain itu juga dari berbagai macam penyakit lainnya yang dipicu oleh radikal bebas, untuk itu salah satu senyawa yang tepat dikonsumsi adalah Astaxanthin yang terbukti klinis memiliki aktivitas yang sangat kuat dalam menangkal radikal bebas serta telah teruji klinis dalam memperbaiki struktur dan jaringan Kulit.

Proaxtin memiliki komposisi Astaxantin 4 mg, Zinc 5 mg dan selenium 15 mcg. Informasi lebih lengkap: Proaxtin.